Home » , » Macam-Macam Pakan Ikan Guppy

Macam-Macam Pakan Ikan Guppy

Setelah kemarin saya membagikan artikel tentang Pakan Alami Ikan Cupang, kali ini saya membagikan tentang Pakan Ikan Guppy. Makanan guppy tidaklah terlalu sulit, di alam liar pun makanan ikan guppy sangat lah banyak yaitu berupa plankton air, jentik nyamuk, cacing sutra dan binatang air yang kecil serta lumut kecil. Namun, di dalam aquarium / kolam pembudidayaan makanan ikan Guppy terbagi dua, makanan buatan dan makanan alami. Dan banyak yang berpendapat "makanan yang terbaik untuk guppy adalah ini itu dan sebagainya". Disini kami akan menjelaskan makanan guppy apa saja yang terbaik untuk Guppy sesuai pengalaman kami.  
 
1. Artemia
Yup, makanan terbaik untuk Guppy adalah Artemia. Kenapa kami menyatakan bahwa Artemia adalah makanan terbaik untuk Guppy?? Karna Artemia adalah makanan steril yang bebas dari kuman maupun bakteri sehingga aman 100% untuk Guppy. Namun ada beberapa kendala dalam pemberian pakan Guppy jenis ini yaitu yang pertama MAHAL dan yang kedua cukup memakan waktu dalam proses pembuatannya. 

Namun jangan khawatir untuk pembuatannya. Kami akan memberikan Tips agar Anda mampu menetaskan Artemia hingga peluang 95% Sukses. Pasti bagi Anda yang masih asing dengan nama Artemia akan binggung, kenapa MAHAL, kenapa ribet banget proses penetasannya? Sekali lagi Anda benar, bahwa Artemia yang kita beli mahal itu merupakan telur udang yang di ambil dari tengah laut ataupun buatan pabrik (peternaknya dengan proses khusus) sehingga ketika packaging sampe tangan kita masih butuh proses sebelum pemberian nya ke Guppy. Nanti kita akan posting Tips untuk Penetasan Artemia Sukses 95%.

2. Kutu Air
 Sangatlah mudah menjumpai kutu air di dalam liar, biasanya di genangan air yang kondisi airnya memiliki sirkulasi yang baik. Kutu air (Kutir) adalah sejenis micro organisme yang sangat cocok untuk diberikan pada Anakan Guppy dan juga Indukan Guppy. Selain memiliki protein yang sangat tinggi, Kutu Air sangatlah baik untuk pertumbuhan Ekor dan Dorsal serta Corak dan Warna Guppy.  

Namun, haruslah berhati-hati dalam memberikan pakan alamai jenis Kutu Air ini. Kenapa?? Karna kutu air terkadang membawa bakteri yang terkandung dalam ekosistemnya sehingga memerlukan penangganan khusus sebelum diberikan kepada ikan Kesayangan Kita. Caranya cukup simple untuk membersihkan kutu air, cukup di endapkan dengan air bersih + aerator selama 2 jam sebelum pemberikan pakan kutu air tersebut.  

3. Cacing Sutra
Bagi Anda yang kesulitan mencari Kutu Air, cacing sutra bisa menjadi makanan alternatif. Casut (Cacing Sutra) juga memiliki protein yang sangatlah tinggi sehingga akan mempercepat pertumbuhan ikan kesayangan kita. Sama seperti Kutir, Casut membutuhkan pengolahan khusus sebelum diberikan kepada ikan. 

 Jangan sekali-sekali memberikan Cacing Sutra langsung ke ikan kesayangan Anda sebelum diberikan penangganan Khusus. Kami biasa mengkarantina cacing sutra selama 1 malam sebelum diberikan makan ikan keesokkan paginya. Akan tampak dengan jelas cacing sehat dan cacing yang kurang sehat setelah kita karantina. Cacing kurang sehat atau kotor akan cepat memberikan efek kotor tehadap air yang kita gunakan untuk mengendapkannya. Selalulah ganti air cacing 12 jam sekali dan gunakan Aerator untuk Membantu siklus pernafasan Casut.  

4. Pelet buatan Pabrik
Ada banyak pelet buatan pabrik yang bagus untuk Guppy, namun pelet manakah yang terbaik untuk Guppy?? Dan kamipun binggung menjawabnya karna selera ikan guppy menyesuaikan kondisi dan situasinya. Apabila Guppy dalam kondisi ramai, mereka akan menyantap semua makanan yang diberikan asal tidak berlebihan. 


Namun apabila dalam kondisi sepi (1-5ekor) kebanyakan Guppy akan lebih selektif dalam memilih makanan. Jadi kita butuh sedikit mencoba dan mencoba jenis makanan apa yang terbaik untuk Guppy. Adapun beberapa jenis makanan Guppy yang sering digunakan oleh pada Pencinta Guppy yaitu PF 200-500, MEM, Beta Vit, Nori, Hikari, Tetra Bit dan lainnya.  

5. Daphnia
Daphnia adalah sejenis micro organisme kecil seperti halnya Kutu Air. Hanya saja ukuran daphnia lebih besar. Daphnia sangat jarang kita jumpai, hanya saja daphnia bisa dikultur halnya seperti Kutu Air. Namun kami lebih menyarankan mengunakan Kutu Air ataupun Artemia. 


6. Jentik Nyamuk
Jentik ataupun yang sering disapa Uget Uget sangat sering dijumpai di selokan bahkan kamar mandi kita. Jentik bisa menjadi pakan alternatif  untuk ikan kesayangan Anda dan tentunya dengan perlakuan khusus ya. 

 



7. Microworm
Microworms ini juga sangat mudah untuk dibudiayakan. Anda hanya tinggal membeli bibit microworms kemudian masukkan ke dalam toples. Untuk makanannya Anda hanya tinggal menaruh roti tawar ataupun oatmeal.

Toples yang beri microwors tersebut harus disimpan di dalam suhu sekitar 26 derajat celcius. Jika suhunya kurang dari itu maka biasanya perkembangbiakan microworms tidak akan terlalu pesat dan kualitasnya juga kurang baik.


8. Kuning Telur Rebus

9. Roti Tawar
 


Jadi, Jika Djoglo Fish ditanya pakan yg baik untuk ikan guppy adalah pakan alami. Hal ini karna dapat membuat ikan lebih aktif dan warna ikan pun akan menjadi lebih hidup.  Permberian pakan buatan seperti pelet ataupun roti dapat membuat air cepat kotor serta gampang terkena lumut. Sehingga Anda akan dipaksa lebih rajin menganti Air. Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Macam-Macam Pakan Ikan Guppy dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Cari

Popular Posts